PENINGKATAN AKTIVITAS UNTUK PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING

Putri Astuti, Rita Juliani

Abstract


Kegiatan belajar mengajar menuntut siswa untuk memperoleh hasil belajar kognitif yang baik dan menuntut siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran sehingga siswa mempunyai sikap atau attitude dan keterampilan yang baik. Keaktifan siswa dapat dilihat dari kegiatan atau aktivitas selama pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pencapaian hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Inquiry Training. Jenis penelitian adalah quasi experiment. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi sesuai dengan model pembelajaran yang diterapkan dan tes hasil belajar berupa essay berjumlah 10 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya peningkatan aktivitas belajar berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v10i2.34983

Article Metrics

Abstract view : 113 times
PDF - 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.