PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II MAN 1 MEDAN T.P 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok momentum dan impuls di kelas X semester II MAN 1 Medan T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas kelas X semester genap MAN 1 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling dan diberikan perlakuan yang berbeda, kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen berjumlah 44 siswa dengan model pembelajaran inquiry training dan X MIA 1 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional berjumlah 44 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif yakni tes pilihan berganda yang terdiri dari 15 item dan diperoleh hasil postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 73,79 dan kelas kontrol 55,91. Hasil penelitian diperoleh 7,006>1,6657. Ada pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran inquiry training dari pembelajaran konvensional pada materi pokok Momentum dan Impuls di kelas X MAN 1 Medan T.P 2018/2019.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v10i2.34984
Article Metrics
Abstract view : 112 timesPDF - 74 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.