EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-MODUL DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SMA N 7 MEDAN T.P 2020/2021

Tamara Nisya Adinda Lumban Gaol, Togi Tampubolon

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan e-modul dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa pada materi Usaha dan Energi di Kelas X Semester I SMA N 7 Medan T.P 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest posttest control group. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari enam kelas secara acak yaitu kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 6 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 orang. Instrumen soal yang digunakan sebanyak 30 soal berbentuk pilihan berganda yang sudah divalidasi untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 76,8 yaitu sudah mencapai standar KKM sedangkan kelas kontrol adalah 68 yaitu belum mencapai standar KKM. Hasil analisis uji t menyatakan ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan e-modul terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran daring. Tingkat efektivitas penggunaan e-modul disimpulkan berdasarkan hasil analisis N-gain yaitu kelas eksperimen dengan skor 0,72 dalam kriteria tinggi dan kelas kontrol dengan skor 0,61 dalam kriteria sedang dan berdasarkan ketuntasan belajar siswa pada kelas eksperimen yang lebih tinggi dibanding kelas kontrol sehinggga kelas ekperimen memiliki efektivitas yang lebih baik dari kelas kontrol.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v10i2.35006

Article Metrics

Abstract view : 189 times
PDF - 112 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.