PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

Debora R. Manurung, Nurliana Marpaung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik pada materi usaha dan energi yang layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Lumbanjulu berjumlah 35 orang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D) menggunakan 4D models. Hasil penelitian ini adalah telah dihasilkan LKPD berbasis pendekatan saintifik yang valid digunakan sebagai media pembelajaran ditinjau dari validasi ahli materi dengan pesentasi 89% dan ahli pembelajaran sebesar 86%. Respon siswa pada uji coba kelompok kecil dengan melibatkan 6 responden sebesar 93% termasuk dalam, sedangkan uji kelompok besar dengan melibatkan 35 responden sebesar 91% dan respon guru melibatkan 3 responden memperoleh persentasi 94%. Berdasarkan perhitungan nilai gain, LKPD berbasis pendekatan saintifik termasuk dalam kategori sedang untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa dengan nilai 0,67. Pengembangan LKPD berbasis pendekatan saintifik telah dikembangkan dan layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v10i3.38229

Article Metrics

Abstract view : 67 times
PDF - 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.