PENERAPAN PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, and MATHEMATICS)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran STEM. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara acak(cluster random sampling), dan diperoleh 2 kelas sampel, yaitu kelas XI MIA A dan XI MIA B. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dalam bentuk essay. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. Hasil analisis data yang di peroleh adalah nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 41, 4 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah 39,2. Berdasarkan uji t dua pihak didapat nilai thitung = 0,011 dan ttabel = 1,685, pada taraf signifikan 0,05 (th < tt). Hal ini menyatakan kemampuan awal kedua sampel sama. Nilai rata – rata posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 75,35 dan 55,75. Hasil analisis uji t satu pihak didapat nilai thitung = 7,29 dan ttabel = 2,02, pada taraf signifikan 0,05 (th > tt). Hal ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan pembelajaran berbasis STEM terhadap hasil belajar siswa.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v10i3.38230
Article Metrics
Abstract view : 136 timesPDF - 97 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.