PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI GERAK PARABOLA

Hileri F. Situmorang, Wawan Bunawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui hasil uji kelayakan instrumen penilaian kognitif untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Gerak Parabola. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) model 4-D. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 13 Medan dengan jumlah sebanyak 52 orang siswa. Data penelitian diperoleh berdasarkan uji kelayakan instrumen tes. Hasil validasi isi oleh ahli dengan metode Lawshe diperoleh hasil bahwa instrumen penilaian kognitif layak untuk diujikan. Hasil validasi item dari semua butir soal yang diujikan di dua kelas dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas dari kedua kelas uji coba pengembangan menunjukkan hasil yang reliable dengan koefisien reliabilitasnya adalah 0,88. Hasil analisis respon siswa diperoleh instrumen penilaian kogitif layak untuk diujikan. Persentase rata-rata kemampuan pemecahan masalah dari kedua kelas uji coba adalah 52% dengan kriteria cukup baik. Berdasarkan hasil uji kelayakan tersebut dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian kognitif untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Gerak Parabola telah memenuhi kriteria kelayakan isntrumen yang baik.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v10i3.38232

Article Metrics

Abstract view : 345 times
PDF - 271 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.