ANALISIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) GURU IPA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN LESSON STUDY FOR LEARNING COMMUNITY BERBASIS E-LEARNING DENGAN MOODLE

Lastama Sinaga, Pintor Simamora, Widia Ningsih, Kezia Thessa Destine

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis TPACK dua guru IPA dalam mengimplementasikan kegiatan lesson study for learning community yang berbasis elearning menggunakan moodle. Kegiatan lesson study dilakukan untuk dua siklus yang masing - masing terdiri dari dua pertemuan, dimana pertemuan ke-2 merupakan hasil do redesign pertemuan ke-1. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi TPACK yaitu lembar observasi pembelajaran yang diadaptasi dari Schmidt et al. (2009) dan telah dimodifikasi untuk guru IPA. Hasil penelitian menunjukkan TPACK kedua guru tersebut mempunyai skor rata - rata yang sama yaitu 3,40 pada kategori sangat baik. Hasil ini juga diperkuat dengan data skor rata - rata tiap guru pada keenam komponen lainnya (TK, CK, PK, TCK, TPK dan PCK) berada pada kategori baik dan sangat baik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan lesson study for learning community dapat mengoptimalkan kemampuan dan kompetensi guru dalam kerangka kerja TPACK.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v10i3.38233

Article Metrics

Abstract view : 220 times
PDF - 149 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.