PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRYTRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KOGNITIF SISWA PADAMATERI FLUIDA DINAMIS KELAS XI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains (KPS) dan kognitif siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan T.P. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi exsperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran inquiry training dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes KPS sebanyak 7 soal dan kognitif sebanyak 5 soal dalam bentuk essai. Nilai rata-rata postes kognitif kelas eksperimen sebesar 70,51 dan kelas kontrol sebesar 63,86. Nilai rata-rata postes KPS kelas eksperimen sebesar 70,09 dan kelas kontrol sebesar 63,11. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh signifikan kognitif dan KPS yang diajarkan menggunakan model pembelajaran inquiry training daripada pembelajaran konvensional pada materi pokok fluida dinamis di kelas XI SMA Negeri 7 Medan T.P.2016/2017.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v10i3.38242
Article Metrics
Abstract view : 91 timesPDF - 59 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.