INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA UNTUK PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen pengukuran kemampuan berpikir kreatif untuk pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah media pembelajaran yang valid dan reliabel. Penelitian ini merupakan pengembangan Research and Development (R&D) yang mengacu pada pada model ADDIE dengan tahapan Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Data penelitian ini diperoleh dengan mengujicobakan instrumen berupa tes uraian sebanyak 10 soal. Data validasi isi dihitung dengan I-CVI dinyatakan 10 soal valid. Reliabilitas instrumen 0,883 dengan kategori sangat tinggi. Tingkat kesukaran soal dengan kategori sukar berjumlah 2 soal, kategori sedang berjumlah 6 soal, dan kategori mudah berjumlah 2 soal. Daya pembeda pada instrumen tes ini , 4 soal dengan kategori jelek, 5 soal dengan kategori cukup, 1 soal dengan kategori baik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa instrumen tes yang telah dikembangkan sudah memenuhi kategori yang berkualitas, sehingga instrumen tes ini dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif mahasiswa.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v10i3.38243
Article Metrics
Abstract view : 357 timesPDF - 217 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.