PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH BERBANTU ANIMASI MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS

Darius J Padang, Sehat Simatupang

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah berbantu animasi macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis di kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa yang terdiri dari 10 kelas.Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random samplingdengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 71 orang. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar yang terdiri dari 20 soal pilihan berganda yang telah dinyatakan valid oleh validator.Dari data hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 39,43 dan nilai rata-rata kelas kontrol  adalah 42,97. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, dimana kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah berbantu animasi macromedia flash dan kelas kontrol  menggunakan pembelajaran konvensional, diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 63,43 dan kelas kontrol 57,79. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung> ttabel, dimana thitung = 2,027 > ttabel. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa ada pengaruh akibat model pembelajaran berdasarkan masalah berbantu animasi macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis di kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.A. 2013/2014.

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i2.4213

Article Metrics

Abstract view : 181 times
PDF - 176 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.