PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON

Henok Siagian, Vera Yunita

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dan pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada Materi Pokok Hukum Newton di Kelas X Semester I SMA Negeri 5 Medan T.A 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Medan T.A 2014/2015 yang terdiri dari 7 kelas yang berjumlah 280 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara clusterrandom sampling dengan mengambil populasi sebanyak 2 kelas, yaitu kelas X Mia 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 orang dan kelas X Mia 4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 47,75 dengan standar deviasi 12,71 dan nilai rata-rata kelas kontrol 47,37 dengan standar deviasi 12,56. Pada pengujian normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data pretes berdistribusi normal dan variansnya homogen. Hasil uji beda dari kedua kelas thitung = 0,14 dan ttabel = 1,99, karena thitung< ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol dengan model konvensional. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen 79,00 dan kelas kontrol 71,25. Pada pengujian variansnya homogen. Hasil uji beda nilai  kedua kelas diperoleh thitung = 2,85 dan ttabel = 1,67, karena thitung> ttabel maka Ha diterima, artinya ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Hukum Newton kelas X semester I SMA Negeri 5 Medan T.A 2014/2015. Dari hasil pengamatan yang dilakukan diperoleh bahwa nilai rata-rata aktivitas siswa dari tiga kali pertemuan adalah sebesar 89,63%  dengan kategori aktif.

 

Kata kunci : Model pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar,  aktivitas siswa.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i2.4226

Article Metrics

Abstract view : 266 times
PDF - 221 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.