PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS DARING (DALAM JARINGAN) UNTUK MENINGKATKAN KONSEP FISIKA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMA NEGERI 15 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan pemahaman konsep jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest posttest control group. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluste random sampling dengan mengambil dua kelas dari enam kelas secara acak yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 orang. Instrumen soal yang digunakan sebanyak 25 soal berbentuk pilihan berganda yang sudah divalidasi untuk mengukur hasil belajar siswa. Aktivitas dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 76,8 yaitu sudah mencapai standar KKM sedangkan kelas kontrol adalah 68 yaitu belum mencapai standar KKM. Hasil analisis uji t menyatakan ada pengaruh yang signifikan dari Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Aktivitas Dan hasil belajar siswa pada pembelajaran daring. Pengaruh pemahaman konsep fisika di SMA Negeri 15 Medan Dapat disimpulkan berdasarkan hasil uji Gain yaitu kelas eksperimen dengan kriteria tinggi dan kelas kontrol dengan kriteria sedang dan berdasarkan ketuntasan belajar siswa pada kelas eksperimen yang lebih tinggi dibanding kelas kontrol sehinggga kelas ekperimen memiliki Pengaruh yang lebih baik dari kelas kontrol
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v11i02.43600
Article Metrics
Abstract view : 119 timesPDF - 83 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.