KELAYAKAN DAN KEPRAKTISAN E-MODUL BERBASIS INKUIRI TERSTRUKTUR DAN TERINTEGRASI SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SMA

Febriani Putri Keren Goni, Deo Demonta Panggabean

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan kepraktisan e-modul berbasis inkuiri terstruktur terintegrasi SETS (Science, Environment, Technology, and Society) pada materi fluida dinamis di kelas XI SMA. Penelitian ini menggunakan jenis Research & Development (R&D) dengan model Borg & Gall, serta menggunakan pendekatan mixed method. E-modul dirancang dengan menggunakan aplikasi online Heyzine. Berdasarkan hasil penelitian, e-modul fisika dinyatakan valid menurut ahli materi dengan persentase 98,63% dan ahli media dengan persentase 99%. E-modul fisika dinyatakan sangat praktis berdasarkan uji coba lapangan terbatas pada siswa skala kecil (96,08%) dan respon guru fisika (97,59%). Pada uji coba lapangan besar terhadap siswa skala besar, diperoleh bahwa e-modul sangat praktis dengan persentase 96,56%. Dengan demikian, e-modul fisika berbasis inkuiri terstruktur terintegrasi SETS dinyatakan layak dan sangat praktis untuk dapat digunakan dalam proses belajar mandiri siswa, sehingga potensial meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi fluida dinamis.  

 

Kata Kunci: E-modul, fluida dinamis, inkuiri terstruktur, SETS 

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v11i3.44272

Article Metrics

Abstract view : 127 times
PDF - 76 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.