Pengembangan Rancangan Pembelajaran E-learning Berbasis Edmodo Pada Materi Gelombang Bunyi Kelas XI SMA Negeri 1 SUnggal

Authors

  • Aulia Fitri Munawarah Universitas Negeri Medan
  • Derlina Derlina Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/inpafi.v13i1.48701

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan pembelajaran, menganalisis tingkat kevalidan dan keefektifan E-learning berbasis Edmodo pada materi gelombang bunyi di kelas XI SMA. Metode penelitian yaitu Research and Development (R&D), dengan ADDIE model. Sampel penelitian menggunakan purvosive sampling yaitu 34 siswa XI MIPA 1 dan 35 siswa XI MIPA 2 di SMA Negeri 1 Sunggal. Hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata 99% dengan kategori sangat valid, hasil validasi ahli media memperoleh rata-rata 96% dengan kategori sangat valid, dan hasil validasi pada praktisi pembelajaran (guru) adalah untuk keseluruhan aspek 95% yang terkategori sangat valid. Uji keefektifan terhadap hasil kemampuan akhir siswa diperoleh presentasi ke tuntasan klasikal yaitu 89% yang menunjukkan bahwa sangat efektif. Hal ini menunjukkan bahwa rancangan pembelajaran E-learning berbasis Edmodo yang dikembangkan sangat layak dan efektif dapat dipergunakan sebagai media mendukung proses pembelajaran materi gelombang bunyi di SMA. 

Downloads

Published

2025-02-28

Issue

Section

Articles