ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI SUHU DAN KALOR

Razita Syahira Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keterampilan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel terdiri dari 30 siswa/i kelas XI SMA Negeri 2 Kisaran yang sudah mempelajari materi suhu dan kalor. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes keterampilan berpikir kritis sebanyak 12 soal uraian yang disesuaikan dengan 6 Indikator Facione (Interpretation, Analysis, Inference, Evaluation, Explanation, Self-Regulation). Secara umum, keterampilan berpikir kritis siswa/i SMA Negeri 2 Kisaran pada materi Suhu dan Kalor termasuk dalam kategori rendah. Indikator Inferensi mendapatkan nilai rata-rata tertinggi dan yang terendah adalah indikator penjelasan. Rendahnya indikator penjelasan dikarenakan jawaban siswa yang belum mampu menghasilkan pernyataan, deskripsi yang akurat, belum mampu menyajikan pertimbangan bukti atau metodologis, serta belum mampu menyajikan argumen.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v11i3.49269

Article Metrics

Abstract view : 84 times
PDF - 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.