ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI SUHU DAN KALOR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keterampilan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel terdiri dari 30 siswa/i kelas XI SMA Negeri 2 Kisaran yang sudah mempelajari materi suhu dan kalor. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes keterampilan berpikir kritis sebanyak 12 soal uraian yang disesuaikan dengan 6 Indikator Facione (Interpretation, Analysis, Inference, Evaluation, Explanation, Self-Regulation). Secara umum, keterampilan berpikir kritis siswa/i SMA Negeri 2 Kisaran pada materi Suhu dan Kalor termasuk dalam kategori rendah. Indikator Inferensi mendapatkan nilai rata-rata tertinggi dan yang terendah adalah indikator penjelasan. Rendahnya indikator penjelasan dikarenakan jawaban siswa yang belum mampu menghasilkan pernyataan, deskripsi yang akurat, belum mampu menyajikan pertimbangan bukti atau metodologis, serta belum mampu menyajikan argumen.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v11i3.49269
Article Metrics
Abstract view : 123 timesPDF - 112 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.