STUDI PELAKSANAAN SERTA HASIL BELAJAR FISIKA PADA UJIAN TENGAH SEMESTER TAHUN 2012 – 2013 DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

Leny Khairani Daulay, Alkhafi Maas Siregar .

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui besar pelaksanaan penilaian pendidikan yang sesuai standar nasional pendidikan (SNP) guna memetakan kemampuan guru dalam menilai dan prosedur dari penilaian ujian tengah semester yang telah ditetapkan oleh badan standar nasional pendidikan (BSNP) terutama pada hasil belajar fisika pada ujian tengah.  Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penentuan sampel sumber data dilakukan dengan teknik purposif sampling yaitu beberapa guru fisika dan beberapa siswa di sekolah menengah atas (SMA) dengan pertimbangan akreditas sekolah A,B, C, identitas guru, dan sertifikasi dengan cara melakukan penyebaran angket, wawancara, dokumentasi, dan memberikan soal kepada siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur pelaksanaan penilaian ujian tengah semester yang dilakukan guru di kelas sebesar 44,80%, ini merupakan sebuah proses triangulasi yang peneliti lakukan untuk mendapatkan keakuratan pelaksanaan penilaian guru pada ujian tengah semester disetiap sekolah. Hal ini terjadi karena kurangnya pemahaman guru dalam melakukan standar penilaian sesuai badan standar nasional pendidikan (BSNP) dan kurangnya sosialisasi dan pembinaan dari pemerintah, serta tidak adanya pernyamaan persepsi yang dilakukan oleh dinas pendidikan setempat sehingga guru melakukan penilaian yang menurut guru pahami. Hasil tes ujian tengah semester fisika sangat kurang dengan nilai rata–rata test ujian tengah semester hanya sebesar 25,53%. Ini terjadi karena minat dan motivasi peserta didik dalam mengikuti mata pelajaran fisika serta hasil test yang diberikan masih sangat rendah, dan kurangnya kemampuan guru mencari metode yang dapat membuat peserta didik menjadi lebih senang dalam mengikuti pelajaran, terutama bagi peserta didik yang sering mengalami kondisi membosankan.

 

Kata Kunci: purposif sampling, pelaksanaan penilaian, ujian tengah semester.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i2.5128

Article Metrics

Abstract view : 181 times
PDF - 252 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.