PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUELECTRONICS WORKBENCH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 BINJAI T.P. 2013/2014

Mentari ., Juru Bahasa Sinuraya

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dan hasil belajar fisika yang diajar dengan model pembelajaran inkuiriberbantu electronics workbench dan pembelajaran konvensional pada materi listrik dinamis di SMA Negeri 1 Binjai T.P. 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi experimentdengan two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian  adalah seluruh siswa kelas X Semester IISMA Negeri 1 Binjai yang terdiri dari 10 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 10 kelas secara acak sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 37 orang dan kelas kontrol berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal. Kelas eksperimen diberikan perlakuan denganmodel pembelajaran inkuiriberbantu electronics workbench dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.Hasil  penelitian  menunjukkan  peningkatan hasil belajar sebesar 15,6%. Penguasaan  konsep  dan  keterampilan  berpikir  kreatif  pada  siswa  yang  belajar  menggunakan  model  inkuiri  berbantu electronics workbench lebih  tinggi  dibandingkan  kelas  kontrol  yang  diajarkan  secara  konvensional. Selain  itu pembelajaran  menggunakan  media software electronics workbench  dapat  meningkatkan  keterampilan  berpikir  kreatif  meliputi  kemampuan  meramal  dari  informasi terbatas, memandang informasi dari sudut pandang berbeda serta membangkitkan keingintahuan  dan  hasrat  ingin  tahu  dari  suatu  permasalahan  lebih  baik  dibandingkan yang diajarkan secara konvensional. Siswa merespon positif terhadap pembelajaran yang dilaksanakan. Pembelajaran dengan media software electronics workbench yang dilaksanakan telah menambah minat dan motivasi belajar siswa karena siswa dapat memahami konsep listrik dinamis melalui masalah yang diselesaikan dengan bantuan media sehingga dapat lebih bermakna bagi siswa. Oleh karena itu, ada perbedaan akibat pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiriberbantu electronics workbench terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X Semester II SMA Negeri 1 Binjai T.P 2013/2014.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Electronics Workbench, Hasil Belajar Fisika


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i2.5132

Article Metrics

Abstract view : 233 times
PDF - 238 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.