PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN ANIMASI MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS DI KELAS X SMA

‘Raminah ., Mara Bangun Harahap

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan animasi makromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Gerak Lurus di kelas X SMA Negeri 11 Medan T.P. 2014/2015.Jenis penelitian ini adalahkuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XSMA yang terdiri dari lima kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X MIA-2(sebagai kelas eksperimen) dan kelas X MIA-1 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 40 siswa yang ditentukan dengancluster random sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan animasi makromedia flash dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Sebelum diberikan perlakuan, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essai, jumlah soal 8 item yang telah dinyatakan valid oleh validator.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata postes siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil observasi menunjukkan bahwa nilai aktivitas dan keterampilan siswa pada kelas eksperimen diperoleh cukup baik sedangkan nilai aktivitas siswa pada kelas kontrol diperoleh kurang baik. Melalui uji hipotesis satu pihak diperoleh bahwa pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan animasi makromedia flash terhadap hasil belajar siswa lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional.

 

KataKunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Gerak Lurus, Animasi Makromedia Flash, Hasil Belajar Siswa.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i2.5135

Article Metrics

Abstract view : 234 times
PDF - 195 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.