UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI KELAS X-III SMA NEGERI 12 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013

RAMZAH RAM

Abstract


ABSTRAK

Upaya meningkatakan hasil belajar fisika menggunakan metode Contextual Teaching Learning pada mata pelajaran fisika telah dilakukan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-III yang berjumlah 30 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah metode Contextual Teaching Learning, dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar.

Berdasarkan tes awal (pre test) yang dilakukan terhadap 30 siswa terdapat 27 orang (90%) siswa yang mendapatkan hasil belajar rendah (belum tuntas) dan belum mencapai KKM 70 dan sebanyak 3 orang siswa (10%) yang termasuk dalam kategori tuntas. Kemudian pada siklus I terdapat 10 orang siswa (33,33%) yang termasuk pada kategori tuntas dan sebanyak 20 orang siswa (66,66%) termasuk dalam kategori rendah. Pada siklus II  terdapat 23 orang siswa (76,66%) termasuk dalam kategori tuntas, sebanyak 7 orang siswa (23,33%) termasuk dalam kategori rendah (belum tuntas.

Berdasarkan hasil penelitiaan dari pre test dan post tes siklus I serta post tes siklus II sudah terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 43,27%. Hal ini menunjukkan bahwa dengan penerapkan metode Contextual Teaching Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Fisika pokok bahasan konsep kalor  di kelas X-III SMA Negeri 12 Medan tahun ajaran 2012/2013.

 

Kata kunci: Kalor, PTK , Contextual Teaching Learning, Hasil Belajar



Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i2.5136

Article Metrics

Abstract view : 194 times
PDF - 276 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.