PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM HUKUM NEWTON DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 1 BATANGTORU

Taufik Aulia Rahman, Ratna Tanjung

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran koperatif tipe Numbered Head Together (NHT)  berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok HukumNewton di kelas X semester I SMA Negeri 1 Batangtoru T.P. 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan disain  two group pretest-posttest. Populasi penelitian  adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA Negeri 1 Batangtoru  terdiri dari 6 kelas. Sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling mengambil 2 kelas dari 6 kelas,  yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen   dan kelas X-5  kelas kontrol masing-masing berjumlah 39 orang. Instrumen digunakan ada 2 yaitu tes hasil belajar dan lembar observasi. Tes hasil belajar   berbentuk pilihan berganda sebanyak 15 soal dengan 5 option yang telah divalidasikan. Uji Hipotesis menggunakan  uji t satu pihak. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 43,93 dengan standar deviasi 13,13 dan kelas kontrol adalah 48,53dengan standar deviasi 13,01. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 76,41dengan standar deviasi 9,5 dan kelas kontrol 62,1dengan standar deviasi 11,2. Dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh observer diperoleh  bahwa aktivitas siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan yang positif. Pada pertemuan I rata-rata aktivitas siswa sebesar 62,88, pertemuan II =72,28, pertemuan ke III =74,72. Hasil uji t diperoleh thitung > ttabel =  5,9>1,67, sehingga Ho di tolak Ha diterima dengan kata lain ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran koperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Hukum Hukum Newton di kelas X semester I SMA Negeri 1 Batangtoru T.P. 2013/2014.

Kata kunci: Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together), Hasil Belajar, Aktivitas


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i2.5142

Article Metrics

Abstract view : 259 times
PDF - 252 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.