PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR SMA N 1 BANGUN PURBA T.P. 2014/2015
Abstract
ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X Semester II SMA Negeri 1 Bangun Purba T.P. 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment menggunakan desain penelitian control group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling, yaitu kelas X-PIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-PIA 2 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing siswa berjumlah 33 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam bentuk tes berjumlah 15 soal dan lembar observasi untuk merekam aktivitas, sikap dan keterampilan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 34,44 dan nilai rata-rata kelas kontrol 31,21. Kemudian diberikan perlakuan dengan menggunakan model problem based learning. Hasil observasi menunjukkan bahwa aktivitas, sikap dan keterampilan siswa kelas eksperimen meningkat setiap pertemuan, dengan nilai rata-rata masing-masing secara berturut adalah 62,79; 78,10 dan 73,15. Data nilai rata-rata postes kelas eksperimen 84,14 dan kelas kontrol 76,62. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji t) menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan akibat penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan lebih mengoptimalkan pengelolaan kelas.
Kata kunci : model, problem based learning, hasil belajar, fisika
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i3.5266
Article Metrics
Abstract view : 237 timesPDF - 260 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.