PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 2 BINJAI T.P 2014/2015

Aprilista Putri Dyan, Winsyahputra Ritonga

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi kalor. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester II yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas secara acak yaitu kelas X-PMS3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-PMS2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 35 orang. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata postes kelas eksperimen 68,14 dan kelas kontrol 62,86. Berdasarkan hasil uji t diperoleh bahwa ada pengaruh model pembelajaran discovery learning yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi kalor X SMA Negeri 2 Binjai.

 

Kata kunci : Model pembelajaran discovery learning dan hasil belajar siswa


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i3.5267

Article Metrics

Abstract view : 144 times
PDF - 240 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.