PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA CERDAS MURNI T.P. 2014/2015

Juniar Hutahaean, Dae Sri Ardian

Abstract



ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah menggunakan media peta konsep terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Cerdas Murni yang terdiri dari 3 kelas yaitu 118 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI-IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-IPA 3 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing jumlah siswa 39 orang.  Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan media peta konsep adalah 84 dan dengan pembelajaran konvensional adalah 77,46. Peningkatan aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model  pembelajaran berbasis masalah menggunakan media peta konsep  diperoleh rata-rata peningkatan aktivitas  N-gain siswa cukup baik dari pertemuan I ke pertemuan II sebesar 0,49 dengan kategori sedang dan dari pertemuan II ke pertemuan III sebesar 0,72 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis perhitungan uji t, terdapat perbedaan yang signifikan akibat pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan media peta konsep terhadap hasil belajar siswa.

Kata Kunci : Model pembelajaran berbasis masalah, peta konsep, hasil belajar.

 

ABSTRACT

The purpose of this research are to find out the effect of application of problem-based learning model using the media concept maps to student learning outcomes. The study was quasi-experimental with the entire population of eleventh grade students of  SMA Cerdas Murni consisting of three classes that aggregate 118 students. Samples were taken 2 classes are determined by random cluster sampling technique, the class XI-1 as experiment class and class XI-3 as ontrol class with 39 students. The average value of student learning outcomes treated with problem based learning model by using the concept maps media is 84 and with conventional learning is 77,46. The increased activity of learning during follow the learning with problem based learning model by using the concept maps media with activity N-Gain for one and two meeting is 0,49 which include to medium criteria and activity for two and three meeting is 0,72 which include to high criteria. Based on the results of the calculation of t test analysis, there are significant differences due to the effect of application of problem based learning model assisted the concept maps media to students learning outcomes.

Key Words : Problem Based Learning model, concept maps, learning outcomes

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i3.5294

Article Metrics

Abstract view : 218 times
PDF - 245 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.