PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENGUKURAN DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 1 AEK NATAS T.P 2014-2015

Fitriana ., Juru Bahasa Sinuraya

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini menerapkan model pembelajaran inkuiri, yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa. Penerapan model pembelajaran inkuiri ini didasarkan atas kelebihannya yang menekankan pada penemuan siswa sendiri dari sesuatu yang dipertanyakan dan diarahkan pada aktivitas siswa melalui eksperimen. Dalam proses pembelajaran inkuiri ini dapat mengembangkan keterampilan berpikir siswa dan melibatkan sejumlah pengalaman siswa.Penelitian dengan metode kuasi eksperimen ini melibatkan serangkaian kegiatan  yang meliputi mendapat perhatian dan menjelaskan proses inkuiri, menyajikan permasalahan, siswa merumuskan hipotesis, mengumpulkan data melaui eksperimen, analisis data dan kesimpulan, merupakan serangkaian kegiatan mencari dan menemukan serta merumuskan sendiri penemuannya melalui eksperimen lebih bertahan lama dan lebih bermakna daripada sekedar membaca, mengingat dan memahami seperti yang diterapkan di kelas kontrol. Dapat dilihat dari hasil penelitian bahwa hasil belajar siswa mengalami perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Skor rata-rata pretes siswa di kelas eksperimen adalah 37,77 dan di kelas kontrol 38. Setelah diberi model pembelajaran inkuiri di kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional yang berupa metode ceramah dan tanya jawab di kelas kontrol, menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa pada postes di kedua kelas. Skor rata-rata postes di kelas eksperimen 70,43 dengan standar deviasi 13,18, sedangkan di kelas kontrol 60,43 dengan standar deviasi 14,04. Perbedaan skor rata-rata ini menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa. Selain berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, model pembelajaran inkuiri juga meningkatkan aktivitas belajar siswa yang dapat diamati dengan peningkatan aktivitas dari pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga dengan kategori; 60% mendapat kategori cukup aktif, 40% mendapat kategori sangat aktif dan kategori sangat tidak aktif dan kurang aktif 0%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok pengukuran kelas X SMA N 1 Aek Natas T.P. 2014-2015

Kata Kunci :Inkuiri, Hasil belajar, Aktivitas, Pengukuran

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i3.5315

Article Metrics

Abstract view : 232 times
PDF - 218 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.