PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI SMA N 1 KISARAN

Hani Diana Sipayung, Eidi Sihombing

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar fisika  mengenai listrik dinamis di SMA Negeri 1 Kisaran. Penelitian quasi eksperimen ini mempunyai populasi seluruh siswa kelas X Negeri 1 Kisaran sebanyak sepuluh kelas dengan mengambil sampel dua kelas dengan cara simple random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk essay tes dengan jumlah delapan soal. Hasil kemampuan siswa untuk kedua kelas sebelum perlakuan diberikan menunjukkan kemampuan yang relatif sama. Hasil kemampuan setelah perlakuan menunjukkan bahwa kemampuan kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibanding siswa yang berada di kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional dinyatakan setelah analisis data menunjukkan uji-t dimana thitung >ttabel (2,47 >2,39) pada taraf signifikansi  = 0,05.

Kata Kunci: model pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar fisika.

 

ABSTRACT

This research aimed to know the effect of learning model based on problem to physics result about Dynamic electricity in SMA N 1 Kisaran. This quasi experiment research consist of senior high school student class X SMA N 1 Kisaran as many as classes with take two classes with sample random sampling design. Instrument used to know student learning outcomes is achievement test in the form of essay test with eight question. The result of the ability of students to class president before treatment is given show relatively similiar capabilities. The result of ability after treatment showed that the experimental class capability that uses problem-based on learning is higher than students who are in class control with conventional study revealed after the analysis of the data showed t-test  where tarithmetic> ttable (2.47> 2.39) at significance level = 0,05.

Keywords: problem-based learning model, physics learning outcomes.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i3.5318

Article Metrics

Abstract view : 179 times
PDF - 168 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.