Desain Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning Pada Materi Momentum dan Impuls

Authors

  • Rut Okduena Sinurat
  • Deo Demonta Panggabean Uniuversitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/inpafi.v13i1.53475

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validasi, kepraktisan, keefektifavan, dan menghasilkan LKPD berbasis discovery learning pada materi momentum dan impuls yang layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari lembar observasi, lembar wawancara, angket, dan juga tes kepada peserta didik. Angket yang digunakan pada penelitian ini adalah angket uji kelayakan ahli media dan materi, angket penilaian guru, serta angket respon peserta didik. Adapun hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu hasil uji validasi ahli media sebesar 83,75%, ahli materi 92,5%, dan guru fisika sebesar 97,5%, respon peserta didik kelompok kecil 99,3% dan kelompok besar 98,8%. Kemudian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik, peneliti memberikan tes kepada peserta didik dan dihitung menggunakan perhitungan N-Gain. Berdasarkan perhitungan N-gain, diperoleh nilai peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 0,51 yang diartikan berada pada kategori sedang. Dengan demikian disimpulkan bahwa LKPD berbasis discovery learning layak, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik.

Downloads

Published

2025-02-28

Issue

Section

Articles