PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENGUKURAN DI KELAS X IPA SEMESTER I MAN LUBUK PAKAM T.P 2014 / 2015
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Traing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok pengukuran di kelas X IPA semester satu MAN Lubuk Pakam T.P 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester ganjil MAN Lubuk Pakam terdiri dari empat kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas, yaitu kelas X IPA-1(sebagai kelas eksperimen) dan kelas X IPA-2 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 32 dan 34 siswa yang ditentukan dengan cluster random sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Inquiry Traing dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data yang digunakan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan ganda berjumlah 20 item yang telah divalidkan oleh validator. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 40,46 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 37,64. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 62,34 dan kelas kontrol 56,61.hasil belajar siswa pada materi gerak lurus dengan menerapkan model pembelajaran Inquiry Training lebih baik dari pada pembelajaran konvensional di kelas X IPA semester ganjil MAN Lubuk Pakam T.P. 2014/2015.
Kata Kunci: Pembelajaran Inquiry traing, Konvensional, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i3.5379
Article Metrics
Abstract view : 248 timesPDF - 306 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.