PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA St. YOSEPH MEDAN T.P 2014/2015

Angela Mutia, Sondang R. Manurung

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan  hasil belajar fisika siswa pada materi fluida dinamis di kelas XI SMA St. Yoseph Medan  T.P 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimendengan desain control group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian  adalah seluruh siswa kelas XI SMA St. Yoseph Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal yang sudah divalidasi dan lembar penilaian afektif serta psikomotorik siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada pengaruh signifikan dari penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida dinamis di kelas XI SMA St. Yoseph Medan T.P 2014/2015.

 

Kata kunci : pembelajaran berbasis masalah,macromedia flash

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i4.5380

Article Metrics

Abstract view : 227 times
PDF - 204 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.