PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMISKELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 14 MEDANT.P 2014/2015

Denny Khairani, Winsyahputra Ritonga

Abstract


ABSTRAK

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar fisikapada materi listrik dinamis di SMA Negeri 14 Medan.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitianadalah seluruh siswa kelas Xyang terdiri dari 9 kelas.Sampel penelitian ini adalah siswa kelasX-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-5 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata postes kelas eksperimen 65,00 dan kelas kontrol 57,94. Hasil uji t satu pihak diperoleh thitung = 2,39dan ttabel = 1,67, sehingga thitung>ttabel maka disimpulkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X.

Kata kunci :model pembelajaran, inkuiri terbimbing, hasil belajar fisika.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i4.5382

Article Metrics

Abstract view : 305 times
PDF - 293 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.