PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS

Desri S Sipapaga, Ida Wahyuni

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  perbedaan hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran  inquiry training pada materi Listrik Dinamis kelas X SMA Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian  adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dan terpilih dua kelas, dimana kelas pertama dengan 39 siswa sebagai kelas eksperimen diterapkan model inquiry training dan kelas kedua dengan 41 siswa sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Dari hasil penelitian diperoleh hasil belajar untuk kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Sehingga dapat  disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran  inquiry training pada materi Listrik Dinamis kelas X SMA Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan.

Kata Kunci : model pembelajaran, inquiry training, hasil belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i4.5383

Article Metrics

Abstract view : 173 times
PDF - 209 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.