PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran inquiry training pada materi Listrik Dinamis kelas X SMA Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dan terpilih dua kelas, dimana kelas pertama dengan 39 siswa sebagai kelas eksperimen diterapkan model inquiry training dan kelas kedua dengan 41 siswa sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Dari hasil penelitian diperoleh hasil belajar untuk kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran inquiry training pada materi Listrik Dinamis kelas X SMA Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan.
Kata Kunci : model pembelajaran, inquiry training, hasil belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i4.5383
Article Metrics
Abstract view : 173 timesPDF - 209 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.