PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI SMA NEGERI 13 MEDAN T.P 2014/ 2015

Dortia Melva Epryza Sinaga, Henok Siagian

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X SMANegeri 13 Medan T.P 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimendenganpopulasiseluruh siswa kelas X SMANegeri 13 Medan T.P 2014/2015 yang terdiri dari 10 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X-MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-MIA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk essay test dengan jumlah 10 soal. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 36,7 dan kelas kontrol 35,1. Dari uji normalitas dan uji homogenitas diperoleh bahwadata pretes kedua kelas sampel  normal dan homogen.Setelahdiberi perlakuan berbeda, yaitu model pembelajaran berdasarkan masalahpada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol maka diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 48,1dan kelas kontrol 42,1. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung> ttabel, dapat disimpulkan bahwa adapengaruh model pembelajaran berdasarkan masalahterhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 13 Medan T.P 2014/2015.

Kata kunci:model pembelajaran berdasarkan masalah, hasil belajar, fisika.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i4.5384

Article Metrics

Abstract view : 134 times
PDF - 166 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.