PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS KELAS X DI SMA NEGERI 3 BINJAI

Ebet Elbita Tarigan, Sehat Simatupang

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanyapengaruhmodel Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi Listrik Dinamis kelas X Semester II SMA Negeri 3 Binjai T.P 2014/2015.Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA Negeri 3 Binjai yang berjumlah 303 siswa yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X1 (sebagai kelas eksperimen) yang diberi perlakuan menggunakan model Problem Based Learning dan kelas X2 (sebagai kelas kontrol) yang diberi perlakuan menggunakan model Konvensional yang masing-masing berjumlah 37 orang yang ditentukan dengan cara ClusterRandom Sampling. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda dengan jumlah 15 item dengan lima option jawaban yag sebelumnnya telah divalidasi.Data penelitian menunjukkan rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 36,93dan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pretes 38,20.Setelah diberikan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata postes pada kelas eksperimen sebesar 71,18 dan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata postes siswa 63,24. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh menggunakan model Problem Based Learningterhadap hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis kelas x semester II SMA Negeri 3 Binjai T.P 2014/2015.

Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i4.5385

Article Metrics

Abstract view : 273 times
PDF - 195 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.