PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 SELESAI T.P 2014/2015

Elizabeth M Marpaung, Usler Simarmata

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan two group pre-testt-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester II yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling yaitu kelas XI Ia1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa dan kelas XI IA2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajarsebanyak 15 soal dalam bentuk uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda (uji-t)data berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis diperoleh bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL)  terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis.

 

Kata Kunci : problem based learning, hasil belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i4.5387

Article Metrics

Abstract view : 242 times
PDF - 209 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.