PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Maghfirah HR HR, Mara Bangun Harahap

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning menggunakan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.P.2014/2015. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.P. 2014/2015 dengan jumlah 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas secara acak yaitu kelas XI4 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model problem based learning dan kelas XI3sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Kelas eksperimen dan kelas kontrol berjumlah 43 orang Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diberi perlakuan dengan model problem based learning menggunakan peta konsep 75,76 dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional 70,53.  Selama proses pembelajaran menggunakan model problem based learning menggunakan peta konsep, nilai rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 72,78 (Aktif).Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa ada pengaruh model problem based learning menggunakan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.P.2014/2015.

 

Kata Kunci : Problem based learnig, peta konsep, hasil belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i4.5393

Article Metrics

Abstract view : 251 times
PDF - 214 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.