PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI SMA NEGERI 11 MEDAN

Rika Sari Indah Harahap, Eidi Sihombing

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar fisika mengenai listrik dinamis di SMA Negeri 11 Medan. Penelitian quasi eksperimen ini mempunyai populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan sebanyak delapan kelas dengan mengambil sampel dua kelas dengan cara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk essay tes dengan jumlah delapan soal. Hasil kemampuan siswa untuk kedua kelas sebelum perlakuan diberikan menunjukkan kemampuan yang relatif sama. Hasil kemampuan setelah perlakuan menunjukkan bahwa kemampuan kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran discovery learning lebih tinggi dibanding siswa yang berada di kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: model pembelajaran discovery learning, pembelajaran konvensional

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i4.5401

Article Metrics

Abstract view : 348 times
PDF - 365 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.