PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BESARAN DAN SATUAN DI KELAS X SEMESTER I SMA SWASTA MUHAMMADIYAH 8 KISARAN T.P 2014/2015

Rizky Ari Fahmi Saragih, Abd. Hakim S

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadaphasil belajar fisika siswa pada materi pokok Besaran dan Satuan di kelas X semester I SMA Swasta Muhammadiyah 8 Kisaran  T.P 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian  adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA Swasta Muhammadiyah 8 Kisaran  yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster randomsampling dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil pretes dan postes kedua kelas yang berdistribusi normal dan berasal dari kelompok yang homogen. Hasil postes diperoleh rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran problem based learning75,30 dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional 63,63. Dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh observer diperoleh rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan ke I sebesar 54,38%, pertemuan ke II = 75,63%. Berdasarkan hasil uji t diperoleh ada perbedaan yang signifikan akibat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Besaran dan Satuan di kelas X semester I SMA Swasta Muhammadiyah 8 Kisaran  T.P 2014/2015.

 

Kata Kunci : pembelajaran berdasarkan masalah, hasil belajar fisika, aktivitas


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i4.5403

Article Metrics

Abstract view : 397 times
PDF - 260 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.