PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling, terpilih kelas X MIA5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan tes pilihan berganda dan lembar observasi. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 32,45 dan kelas kontrol 36,12. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen 81,79 dan kelas kontrol 73,78. Aktivitas siswa kelas eksperimen dari pertemuan pertama hingga pertemuan keempat mengalami peningkatan dari kategori kurang aktif hingga kategori aktif. Berdasarkan hasil analisis uji t, diperoleh ada pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2014/2015.
Kata kunci : Inquiry Training, aktivitas
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i3.5404
Article Metrics
Abstract view : 210 timesPDF - 200 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.