PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 16 MEDAN

Ratelit Tarigan., Ami Salmiah

Abstract


ABSTRAK

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 16 Medan. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas, yaitu kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan 100% siswa pada kelas eksperimen mencapai nilai KKM dengan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 82,93 dan  di kelas kontrol sebesar 90% siswa mencapai nilai KKM dengan nilai rata-rata 75,75. Hasil uji t diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar akibat pengaruh model pembelaran pada kedua kelas dan nilai rata-rata tes keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen 81,70 dan kelas kontrol 75,75. Hasil uji t diperoleh bahwa  terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa akibat pengaruh model pembelajaran yang dilakukan pada kedua kelas. Hasil penilaian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan mengarahkan siswa untuk lebih berpikir kritis sehingga mudah memahami materi pembelajaran.

Kata Kunci : Model pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i3.5408

Article Metrics

Abstract view : 200 times
PDF - 189 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.