PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BESARAN DAN SATUAN DI KELAS X SEMESTER I SMA SWASTA BUDI AGUNG MEDAN T.P. 2014/2015

Amir Hamzah Lubis, Pintor Simamora

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah (problem based learning) dan modelpembelajaran konvensional terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi Besaran, Satuan dan Pengukuran. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Budi Agung Medan yang terdiri dari 6 kelas, yang seluruh siswanya berjumlah 250 orang siswa. Sampeldalanm penelitian ini diambil 2 kelas yang ditentukan secara cluster rondom sampling yaitu kelas X-1 yang terdiri dari 40 orang sebagai kelas eksperimen dan X-2 yang terdiri dari 40 orang siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan ada 2 jenis, yaitu : 1. Tes hjasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan lima pilihan jawaban yang sebelumnya telah dilakukan uji persyaratan tes, 2. Lembar observasi aktivitas siswa demgan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah. Dari data penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 52,5 dengan standar deviasi 13,0 dan kelas kontrol adalah 53,3 dengan standar deviasi 13,6. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan modelpembelajaran berdasarkan masalah dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional, diperoleh nilai postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 73,6 dan standar deviasi 10,3 dan kelas kontrol 60,8 dan standar deviasi 12,9. Hasil uji t menunjukkan ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil siswa pada materi pokok Besaran dan Satuan di kelas X Semester I SMA Swasta Budi Agung Medan T.P 2014/2015.

 

Kata Kunci : pembelajaran berdasarkan masalah, hasil belajar,aktivitas.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i1.5411

Article Metrics

Abstract view : 182 times
PDF - 220 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.