UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING

Rini Rosita Tarigan, Naeklan Simbolon .

Abstract


ABSTRAK

Masalah dalam penelitian adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model project based learning di kelas IV.  Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan di SDN 101869 Desa Sena Kec. Batang Kuis Kab. Deli Serdang T.A 2014/2015. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai bulan Mei 2015. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 26 orang dan objeknya adalah peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model project based learning. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap silkus dilakukan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil refleksi silkus I dijadikan acuan untuk pelaksanaan siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observsi aktivitas belajar siswa. Berdasarkan siklus I diperoleh bahwa dari 26 siswa,  18 orang siswa aktif (69,23%) dan 8 orang siswa tidak aktif (30,76%) dengan nilai nilai rata-rata kelas 67,82. Karena hasil belum sesuai dengan yang diharapkan maka dilakukan perbaikan pada siklus II. Dari 26 siswa pada siklus II,  25 orang siswa aktif (96,15%) dan 1 orang siswa tidak aktif (3,85%) dengan nilai rata-rata kelas adalah 84,42. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model project based learning dapat meningkatkan aktitivitas belajar siswa.

Kata Kunci: aktivitas belajar, model  project based learning


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i3.5413

Article Metrics

Abstract view : 535 times
PDF - 404 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.