PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 16 MEDAN T.P. 2012/2013

Sri Rukmana Sari, Henok Siagian .

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh model pembelajaran Inquiry terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 16 Medan T.P. 2012/2013 dan mengetahui aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inquiry. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment dengan desain penelitian two group pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 16 Medan  yang berjumlah 296 siswa yang terdiri dari delapan kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X3(sebagai kelas eksperimen) dan kelas X4 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 35 orang yang ditentukan dengan cara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal dan lembar observasi aktivitas. Uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t). Hasil pretes nilai rata-rata kelas eksperimen 46,14 dengan standar deviasi 11,186 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 42,14 dengan standar deviasi 10,522. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil tes awal dengan menggunakan uji-t diperoleh bahwa kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran inquiry dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional, diperoleh nilai aktivitas siswa dalam tiga kali pertemuan, yaitu 55,7, 69,9, dan 79,3, sehingga rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 68,3 dengan kategori aktif. Nilai postes diperoleh dengan hasil rata- rata postes kelas eksperimen 67,86 dengan standar deviasi 10,592 dan nilai rata – rata postes kelas kontrol 63,29 dengan standar deviasi 8,484 pada taraf signifikan α = 0,05 dk= 68. Hasil uji t pada data postes diperoleh bahwa secara signifikan ada pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry pada  materi pokok listrik dinamis di kelas X Semester II SMA Negeri 16 Medan T.P. 2012/2013.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i3.5415

Article Metrics

Abstract view : 140 times
PDF - 160 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.