MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 10 MEDAN T.P. 2014/2015

Zahra Tazkia ., Sehat Simatupang .

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X Semester II SMA Negeri 10 Medan T.P.2014/2015. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian  adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 orang dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu:  1) Tes hasil belajar dalam bentuk essay dengan jumlah 9 soal yang telah dinyatakan valid oleh validator dan 2) Lembar observasi aktivitas belajar siswa. Data penelitian menunjukkan, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 17.58 dan nilai rata-rata kelas kontrol 18.18. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 60.33 dan kelas kontrol 50.70. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran  berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X Semester II.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah




DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i3.5424

Article Metrics

Abstract view : 179 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.