PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI SMA NEGERI 1 RANTAU UTARA

Rotua Veronika Marpaung, Makmur Sirait

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor di SMA Negeri 1 Rantau Utara.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen design. Populasi dalam penelitian  adalah seluruh siswa kelas X semester IIyang terdiri dari 7 kelas yang berjumlah 280 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 38 orang dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 38 orang. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar untuk mengetahui hasil belajar siswa.Teknik analisa data yang digunakan yaitu uji t setelah data berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbingterhadap hasil belajar siswa  pada materi pokok suhu dan kalor.

 

Kata Kunci  :model inkuiri terbimbing, hasil belajar fisika


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i1.5437

Article Metrics

Abstract view : 264 times
PDF - 267 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.