PENGARUH MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 1 PANTAI CERMIN T.P 2014/2015

Shabrina Amalia, Mara Bangun Harahap

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL (Problem Based Learning) dengan menggunakan media peta pikiran terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok gerak lurus kelas X semester I SMA Negeri 1 Pantai Cermin T.P. 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester ganjil SMA Negeri 1 Pantai Cermin  terdiri dari empat kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X-1(sebagai kelas eksperimen) dan kelas X-2 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 34 dan 35 siswa ditentukan dengan  cluster random sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model PBL (Problem Based Learning) dengan menggunakan media peta pikiran dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data yang digunakan dalam penelitian ini digunakan tes essay jumlah soal 10 item yang telah divalidkan oleh validator. Melalui uji hipotesis satu pihak diperoleh hasil belajar siswa dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning) lebih baik daripada pembelajaran konvensional.

 

Kata Kunci   :    PBL (Problem Based Learning), Gerak lurus, Media peta pikiran, Hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i1.5440

Article Metrics

Abstract view : 243 times
PDF - 410 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.