PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI SMA N I SIANTAR NARUMONDA T. P. 2014/2015

Tertip Hamonangan Siregar, Usler Simarmata

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap  hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X Semester II SMA N 1 Siantar Narumonda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Siantar Narumonda T.P 2014/2015 yang terdiri dari delapan kelas. Sampel penelitian dipilih dengan cluster random sampling, kelas X-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing siswa berjumlah 32 orang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment menggunakan control group pretest-posttest design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar berjumlah 20 soal berbentuk pilihan berganda yang sudah valid dan lembar observasi  untuk mengamati aktivitas siswa. Hasil observasi menunjukkan bahwa aktivitas siswa kelas eksperimen meningkat setiap pertemuan, dengan nilai rata-rata masing-masing secara berturut adalah 55, 72 dan 74. Nilai rata-rata hasil belajar siswa juga meningkat menjadi 75,94. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji t) menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan akibat penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa.

Kata kunci: model problem based learning, hasil belajar fisika.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i1.5442

Article Metrics

Abstract view : 211 times
PDF - 211 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.