PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA N 1 SELESAI T. P 2014/2015

Amir Rizky AL Haj, Togi Tampubolon

Abstract


ABSTRAK

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar fisika pada materi Listrik Statis di SMA Negeri 1 Selesai. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata postes kelas eksperimen 75,60 dan kelas kontrol 68,04. Hasil uji t pihak dengan taraf signifikasi 0,05 diperoleh thitung = 3,97 dan ttabel = 1,66, sehingga thitung>ttabel maka disimpulkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Statis di kelas XI.

 

Kata kunci : model pembelajaran inkuiri terbimbing, hasil belajar siswa


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i2.5500

Article Metrics

Abstract view : 249 times
PDF - 272 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.