Efek Model Pembelajaran Inkuiri Menggunakan Media Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sma Negeri 1 Namorambe

Authors

  • Helena Patresya Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Medan
  • Sondang R. Manurung Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i2.5505

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  efek model pembelajaran inkuiri menggunakan media animasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gerak lurus kelas X semseter I di SMA Negeri 1 Namorambe T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian  adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA Negeri 1 Namorambe yang terdiri dari 5 kelas berjumlah 162 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak yaitu kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-5 sebagai kelas kontrol. Kedua kelas berjumlah 60 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk essai dengan jumlah soal 10 item yang telah divalidkan oleh validator. Berdasarkan hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretes sebesar 18,2 dan di kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 18,37. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh ada pengaruh yang signifikan dari efek model inkuiri terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: quasi experiment, model pembelajaran inkuiri, konvensional,  hasil belajar

Downloads

Published

2016-05-01

Issue

Section

Articles