PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BESARAN FISIKA DAN SATUANNYA SMA NEGERI I TANJUNGTIRAM BATUBARA T.P.2014/2015

Priastuti ., Khairul Amdani

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe gorup investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok besaran fisika dan satuannya. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian two group pretes postes design. Populasi dalam penelitian  adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA Negeri 1 Tanjungtiram Batubara yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas yaitu kelas X IPA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA-2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option  sebanyak 20 soal yang telah divalidasi dan lembar observasi aktifitas belajar siswa yang di analisis secara deskriptif. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 44,53  dan pada kelas kontrol 45,16. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas, diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas dengan pembelajaran kooperatif  tipe GI dengan pendekatan saintifik sebesar 77,66 sedangkan dengan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 73,44. Berdasarkan hasil observasi aktivitas belajar siswa pada pertemuan I diperoleh rata-rata 50,83, pada pertemuan II dengan rata-rata 59,40 dan pada pertemuan III dengan rata-rata 65,20. Berdasarkan hasil uji t diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok besaran fisika dan satuannya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan pendekatan saintifik dan dapat meningkatkan aktivitas belajar.

Kata kunci : hasil belajar, model pembelajaran kooperatif, kooperatif tipe Group Investigation (GI), pendekatan saintifik, aktivitas.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i2.5512

Article Metrics

Abstract view : 237 times
PDF - 220 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.