PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 4 MEDAN T.P 2014/2015

Rika Vera M Situmorang, Rappel Situmorang

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 11 kelas MIA. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling yaitu, kelas X-7 dengan jumlah siswa 38 orang, menggunakan model pembelajaran inkuiri dan kelas X-3 dengan jumlah siswa 35 orang, mengggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan yaitu: untuk tes hasil belajar berupa tes pilihan berganda yang berjumlah 20 soal yang sebelumnya telah diuji validitasnya oleh ahli, dan untuk observasi aktivitas belajar siswa, sudah disusun secara sistematis pada lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri tergolong sangat baik untuk setiap aspek penilaian, dan untuk siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional untuk aspek visual, listening, motor, dan mental tergolong tidak baik, dan untuk aspek oral dan emotional tergolong cukup baik, serta aspek writing tergolong baik. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor.

Kata Kunci: model pembelajaran inkuiri, konvensional, hasil belajar, aktivitas.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i2.5513

Article Metrics

Abstract view : 178 times
PDF - 193 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.