PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS DIKELAS X SMAN UNGGUL SUBULUSSALAM T.P 2015/2016

A Wahyu Kristiani N. Zebua, Ida Wahyuni

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas X Semester I pada materi pokok Gerak Lurus di Kelas X SMAN Unggul Subulussalam T.P 2015/ 2016. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian  adalah seluruh siswa kelas X Semester I yang terdiri dari 3 kelas berjumlah 111 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 37 orang dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 37 orang. Instrumen dalam penelitian ini ada 2 yaitu tes hasil belajar dalam bentuk essay tes dengan jumlah 10 soal dan lembar observasi untuk melihat aktivitas siswa. Melalui hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 43,81 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol adalah 44,05. Berdasarkan hasil postes, diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 80,05 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol adalah 68,81. Rata-rata nilai keseluruhan nilai aktivitas belajar siswa adalah 72,03% termasuk dalam kategori aktif. Hasil uji t menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok gerak lurus di kelas X SMAN Unggul Subulussalam T.P 2015/2016.

 

Kata kunci :         Model Problem Based Learning, Hasil Belajar Fisika, Gerak Lurus


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i2.5519

Article Metrics

Abstract view : 153 times
PDF - 251 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.